IP anda

translate this blog

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by curot

Photoshop CS2: Membuat Teks Mengikuti Path atau Shape

Diposting oleh forum sekapuk blog

Membuat teks mengikuti bentuk path atau shape dapat dibuat dengan mudah. Biasanya fitur ini sebelumnya hanya ada di program editor vector seperti CorelDraw atau Adobe Freehand. Namun seiring dengan kemajuan editor bitmap maka hal ini juga bisa dilakukan di Adobe Photoshop CS atau yang lebih baru.


Sebagai percobaan, buat file baru di Photoshop dari menu File > New…. Buatlah gambar vector menggunakan Pen Tool atau Shape Tool yang berada di toolbox. Pada tutorial ini kita menggunakan Shape Tool. Klik dan tahan kursor di tombol Shape Tools sampai keluar sub-toolnya lalu pilih Custom Shape Tool.

Custom Shape Tool

Pada Toolbar Properties (Di bawah menu) pilih tombol Path untuk mengatur tool ini agar menggambar garisnya saja (tanpa diisi dengan warna). Masih dalam toolbar properties, pada bagian “Shape:” pilih bentuk yang diinginkan. Sebagai contoh diambil bentuk Hati.

Tool Properties

Buatlah gambar hati pada canvas dengan cara klik & drag sebesar ukuran yang diinginkan.

Sekarang pada toolbox pilih Type Tool (Horizontal Type Tool). Normalnya kursor mouse akan berbentuk kursor “i-beam dengan kotak” (lihat gambar).

Kursor Mouse

Posisikan kursor mouse di atas garis hati untuk membuat teks mengikuti path (kursor berubah menjadi “i-beam dengan path”). Di CorelDraw disebut dengan Text to path.

Jika kursor mouse diarahkan di dalam gambar hati untuk membuat teks mengikuti bentuk shape / text to shape. Kursor mouse akan berubah menjadi “i-beam dengan lingkaran” jika shape merupakan “closed shape” /gambar path tertutup. Di CorelDraw disebut efek Enveloped Text.

Selamat berkreasi!

Catatan: Jika teks mengikuti path, untuk merubah posisi teks ingin diletakkan di luar atau di dalam path, gunakan “Direct Selection Tool” pada toolbox. Klik path di awal tulisan (ada kursor bulat kecil) lalu drag ke dalam atau ke luar.